20 Juli 2022

Revisi Kurikulum SMPN 1 Kepahiang


Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

  SMP Negeri 1 Kepahiang   berada di lingkungan penduduk yang heterogen, hal ini berdampak pada pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dan dukungan orang tua serta kesiapan peserta didik. Berdasarkan data sekolah pada tiga tahun terakhir SMP Negeri 1 Kepahiang  merupakan sekolah favorit dengan jumlah peserta didik terbanyak,memiliki prestasi akademik dan non akademik serta fasilitas yang memadai  di Kabupaten Kepahiang .Dengan demikian pengembangan kurikulum harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. 

Pengembangan kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang tahun pelajaran 2022/2023 mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam pengembangan kurikulum  SMP Negeri 1 Kepahiang;

  2. Beban belajar bagi peserta didik pada SMP Negeri 1 Kepahiang  yang didasarkan pada hasil analisis konteks, analisis keunggulan lokal serta potensi dan minat peserta didik;

  3. Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang dikembangkan berdasarkan hasil revisi kurikulum tahun 2018/2019, pemanfaatan hasil analisis kondisi riil sekolah, terutama tenaga pendidik dan sarana-prasarana, serta analisis terhadap kurikulum 2013. 

  4. Kalender pendidikan  SMP Negeri 1 Kepahiang disusun berdasarkan hasil perhitungan minggu efektif untuk tahun  pelajaran 2022/2023

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dengan mengedepankan prinsip pengembangan kurikulum dan karakteristik kurikulum 2013 dengan penyesuaian terhadap pemanfaatan analisis kondisi riil SMP Negeri Kepahiang  dan Analisis Kondisi Lingkungan Sekolah.

Untuk memudahkan implementasikannya, maka dilakukan revisi kurikulum SMPN 1 Kepahiang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022 bertempat di Aula SMPN 1 Kepahiang. Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Pengawas sekolah, Ketua Komite dan seluruh guru serta staf TU SMPN 1 Kepahiang.

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu pengembangan Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang memperhatikan unsur-unsur sebagai berikut :

  1. Peningkatan iman dan  takwa serta akhlak mulia

Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum yang disusun memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan ini di SMP Negeri 1 Kepahiang dilaksanakan juga program pendalaman agama yang diisi dengan kegiatan pengajian, akhlak dan budi pekerti. 

  1. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. 

 Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  1. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan

Kabupaten  Kepahiang memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang seni dan peduli lingkungan, serta keterampilan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Prakarya.

  1. Tuntutan pembangunan daerah dan  nasional

Pengembangan kurikulum  SMP Negeri 1 Kepahiang memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional yang ditunjukkan dengan adanya Mulok Bahasa Rejang  merupakan kebutuhan dan ciri khas Kabupaten Kepahiang. Tetapi tidak melupakan kebutuhan Nasional dan global yang ditandai dengan adanya pembinaan TIK yang lebih ke arah praktis.

  1. Tuntutan dunia kerja

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di antaranya ialah program Mulok  yang terintegrasi dalam mata pelajaran Seni Budaya, PJOK dan Prakarya

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.

  1. Agama

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang  di kembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah sesuai dengan kompetensi Inti yang diharapkan.

  1. Dinamika perkembangan global

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang dikembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar mereka mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari.

  1. Penerapan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik dengan mancakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  2. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti.  

  3. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang dikembangkan mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya

  1. Kesetaraan Gender

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang diarahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong  tumbuh kembangnya kesetaraan gender

  1. Karakteristik satuan pendidikan

Kurikulum SMP Negeri 1 Kepahiang  dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan.

  1. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa

Kurikulum  SMP Negeri 1 Kepahiang dikembangkan dengan mengitegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dalam dokumen dan implementasinya baik dalam pembelajaran di kelas maupun dalam kehidupan sekolah ataupun dalam lingkungan kehidupan di luar sekolah.







0 komentar:

Posting Komentar